Rabu, 28 Desember 2011

Jalan Tol Pulau Serangan - Tanjung Benoa Segera Dibangun

TEMPO Interaktif, JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk siap memulai pembangunan jalan tol yang menghubungkan Pulau Serangan dengan Tanjung Benoa di Bali.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Frans Setiyaki Sunito, proposal pembangunan jalan tol tersebut sudah selesai disusun dan diserahkan kepada pemerintah.


"Sudah kami serahkan kepada Direktorat Jenderal Bina Marga. Tunggu saja prosesnya," kata Frans di sela rapat dengar pendapat dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Senin (28/3).

Frans mengatakan jalan tol sepanjang kurang lebih 10 kilometer itu memerlukan investasi senilai Rp 2,3 triliun.

Frans optimistis proses pembangunannya tidak akan memakan waktu lama karena jalan tol tersebut sepenuhnya melintas di atas laut, sehingga tidak ada proses pembebasan lahan yang harus dilakukan.

Selain itu, PT Jasa Marga bekerjasama dengan PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, dan Bali Tourism Development Coorporation (BTDC), yang diharapkan ikut mendorong percepatan pembangunan.

Jalan tol tersebut, kata Frans, akan berawal di daerah wisata Nusa Dua dan melalui Bandara Ngurah Rai.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Joko Maryanto mengatakan, jalan tol tersebut diharapkan bisa selesai dan mulai dioperasikan tahun 2013, yakni sebelum konferensi APEC di Bali berlangsung. "Sekarang sedang dilakukan studi kelayakan dan analisis dampak lingkungan," ujarnya.

Jalan tol satu seksi tersebut diperkirakan mulai dibangun tahun depan. Investor yang membangun akan memperoleh konsesi pengelolaan selama 50 tahun. KARTIKA CANDRA.


Sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2011/03/28/090323354/Jalan-Tol-Pulau-Serangan---Tanjung-Benoa-Segera-Dibangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar