Rabu, 28 Desember 2011

Pesona Pulau Serangan Digelar

Serangan, DenPost
Pesona Pulau Serangan yang digelar untuk ketiga kalinya (25-27 November 2011), telah banyak memberikan imbas positif terhadap masyarakat di daerah itu. Tak dipungkiri, Pulau Serangan kini makin dikenal wisatawan mancanegara dan konservasi biota bawah laut pun banyak mendapatkan dukungan. Hal tersebut dikatakan Ketua Kelompok Nelayan Karya Segara, Wayan Patut, Rabu (23/11) kemarin.


Menurutnya, sejak awal digelarnya Pesona Pulau Serangan, sedikitnya ada 400 orang wisatawan asal Cina berkunjung ke pulau yang berada di wilyah Kecamatan Denpasar Selatan itu. Jumlah tersebut belum termasuk wisatawan domestik dan mancanagera lainnya. ''Wisatawan Cina ini sangat tertarik dengan coral transplantasi (pencangkokan terumbu karang) yang ada di perairan Pulau Serangan ini,'' ungkapnya.


Dalam even Pesona Pulau Serangan, kata dia, Pemerintah Kota Denpasar tidak hanya mengangkat kuliner, seni, dan budaya setempat (lokal), namun juga kebersihan lingkungan dan pelestarian biota bawah laut. Terhadap hal itu, masyarakat Serangan sangat antusias. Karena selama ini langkah masyarakat Serangan dalam melestarikan dan mengembangkan terumbu karang juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar.

''Kini upaya masyarakat Serangan dalam melestarikan biota bawah laut tidak sendiri lagi, karena Pemerintah Kota Denpasar juga meresponnya. Bahkan masyarakat luar, termasuk wisatawan yang mengetahui hal itu, sekarang ikut serta dalam melestarikan dan mengembangkan terumbu karang,'' paparnya.
Di samping itu, Pulau Serangan sekarang juga dikenal sebagai objek wisata bahari. Tidak sedikit wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Serangan melakukan aktivitas diving, snorkeling, dan serving. Belakangan ini perairan di Pulau Serangan juga dijadikan objek memancing.

''Seiring dengan makin dikenalnya Pulau Serangan sebagai obyek wisata, para nelayan saat ini tidak hanya menangkap ikan, namun juga memiliki aktivitas mengantarkan wisatawan dalam menikmati suasana laut,'' pungkasnya.

Seperti diketahui, even Pesona Pulau Serangan diposisikan sebagai Serangan Island Green Festival 2011, hendak memetakan potensi Pulau Serangan, untuk menunjang perekonomian berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Acara tersebut digagas Pemerintah Kota Denpasar bersama masyarakat Kelurahan Serangan dengan didukung komunitas dan masyarakat Kota Denpasar.

Pesona Pulau Serangan kali ini mengambil tema penguatan aktivasi potensi Pulau Serangan dari tiga sisi, yakni ekologi (lingkungan), edukasi (pendidikan) dan ekonomi (potensi kreativitas masyarakat Serangan). (111/*)

Sumber :
Adi Sudianggara, 24 Nov 2011
http://denpostnews.com/index.php/2011-10-30-16-50-49/349-pesona-pulau-serangan-digelar-kunjungan-wisatawan-kian-meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar